Kemitraan Pemerintah-Swasta Mutlak Diperlukan untuk Memajukan UMKM

Kemitraan Pemerintah-Swasta Mutlak Diperlukan untuk Memajukan UMKM
Pelatihan pengembangan ekonomi lokal dan UMKM di Washington DC terselenggara atas kerja sama INADATA dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden INADATA Consulting Elwin Tobing mengatakan bahwa kemitraan pemerintah dan swasta mutlak dibutuhkan dalam upaya memajukan UMKM di tanah air. 

Hal itu disampaikannya dalam workshop di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat.

Pelatihan yaung berlangsung dari 30 Juli sampai 7 Agustus 2023 ini terselenggara atas kerja sama INADATA dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Pada kesempatan itu, Elwin memaparkan pentingnya peranan usaha kecil dalam perekonomian di AS dan Indonesia.

“Usaha kecil menyerap 47% angkatan kerja dan menyumbang 44% terhadap PDB di Amerika. Di Indonesia angka tersebut lebih vital lagi. UMKM menyerap sekitar 96% tenaga kerja dan meyumbang 66% terhadap PDB,” lanjut Elwin.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah federal, negara bagian, dan lokal di AS sangat serius dalam memajukan usaha kecil.

Bukan hanya pemerintah, tetapi pihak swasta dan masyarakat proaktif membantu usaha kecil.

Swasta dalam hal ini termasuk kamar dagang daerah serta institusi non-profit, seperti economic development corporation di Amerika Serikat yang agresif memajukan bisnis dan tenaga kerja di kotanya.

Presiden INADATA Consulting Elwin Tobing mengatakan bahwa kemitraan pemerintah dan swasta mutlak dibutuhkan dalam upaya memajukan UMKM di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News