Kemnaker Gandeng Pemerintah Austria Kembangkan BLK Maritim

Kemnaker Gandeng Pemerintah Austria Kembangkan BLK Maritim
Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang. Foto: Kemnaker

jpnn.com, SERANG - Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam pengembangan sektor maritim Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria, atas komitmennya dalam membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada acara Penandatanganan MoU, Pengukuhan Pengurus Forum FKLPI, dan Ground Breaking Ceremony Kegiatan Pengembangan BLK Maritim di BBPLK Serang, Banten, Senin (28/6).

Ida mengatakan ruang lingkup proyek pengembangan BLK Maritim ini terdiri dari 4 komponen pekerjaan utama yaitu konstruksi gedung, pengadaan peralatan pelatihan yakni pengembangan kurikulum, silabus, program dan modul pelatihan yang sesuai dengan standar Austria yang diakui di Eropa.

Kemudian sentuhan kontekstualisasi kebutuhan lokal di Indonesia, terakhir pelatihan instruktur dan manajemen.

Sebagai informasi, selain di Serang, kerja sama pengembangan BLK Maritim juga dilakukan di Medan dan Makassar.

Menaker Ida lebih lanjut menambahkan kerja sama Kemnaker dengan pemerintah Austria di BBPLK Serang ini merupakan pengembangan secara komprehensif atas 4 program kejuruan pelatihan yang saat ini sudah ada, yaitu teknik mekanik, las/welding, listrik/electric dan mekatronik, khususnya penguatan untuk kejuruan las dan listrik.

Selain Pemerintah Austria, kerja sama ini didukung juga oleh Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News