JPNN.com

Kenali 8 Ciri Penderita HIV Lewat Lidah

Kamis, 07 Mei 2020 – 09:10 WIB
Kenali 8 Ciri Penderita HIV Lewat Lidah - JPNN.com

jpnn.com - Penyakit HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan yang hingga saat ini belum bisa diobati. Kondisi ini sangat berbahaya, sehingga sangat penting untuk dideteksi sejak dini. Salah satu metode deteksi dini yang bisa diterapkan adalah dengan mengenali ciri lidah penderita HIV.

Perlu diketahui, HIV adalah penyakit infeksi virus mematikan yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi dan penyakit lain.

Gejala yang hadir akibat HIV cukup beragam, seperti demam, keringat malam, pembesaran kelenjar, diare, badan lemas, kelelahan, penurunan berat badan, dan lainnya.

Tanpa pengobatan, gejala-gejala tersebut akan terus berkembang dan bertambah parah seiring waktu. Infeksi virus HIV yang parah akan masuk ke tahap lanjutan, yang disebut AIDS.

Berangkat dari alasan tersebut, deteksi dini penyakit HIV adalah tindakan yang sebaiknya dilakukan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan memperhatikan ciri-ciri HIV pada lidah dan mulut.

Bagaimana Ciri Lidah Penderita HIV?

Melemahnya sistem imun pada penderita HIV memudahkan terjadinya berbagai macam infeksi, salah satunya yang terjadi pada lidah dan mulut. Bahkan, gangguan ini adalah hal yang umum terjadi dan ditemukan pada sebagian besar penderita HIV.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 40-50% penderita HIV/AIDS memiliki infeksi mulut yang dapat menyebabkan komplikasi. Adapun ciri-ciri lidah pada penderita HIV, yaitu:

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy