JPNN.com

Kenali Area Blind Spot Demi Berkendara Aman

Senin, 05 November 2018 – 06:30 WIB Kenali Area Blind Spot Demi Berkendara Aman - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kecelakaan di jalan raya bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya keterbatasan pengendara / pengemudi melihat sekelilingnnya atau area blind spot.

Executive Coordinator CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Budi Mahendra menjelaskan, blind spot merupakan penyebab dominan kecelakaan fatal di Indonesia, hal ini terjadi dikarenakan pengendara tidak dapat melihat dengan jelas kendaraan lain pada beberapa sisi kendaraan.

"Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian dan fokus yang lebih untuk menghindari keadaan ini sehingga tujuan berkendara aman tercapai," tegas Budi saat kegiatan Daihatsu Club Auto Clinic 2018, di Karawang.

Blind spot itu, tambah Budi, merupakan daerah di luar jangkauan pengemudi yang tidak terlihat dari kaca spion kanan dan kiri.

Dengan demikian, begitu pentingnya spion pada kendaraan. Budi melanjutkan, khususnya ketika berkendara di daerah ramai atau jalur bebas hambatan.

"Untuk mengurangi resiko blind spot dapat dilakukan dengan cara memosisikan kaca spion kendaraan semaksimal mungkin sejajar dengan bodi kendaraan dan fokuskan ke luar dari kendaraan," papar dia.

Kemudian, gunakan spion standar pabrikan, karena sudah didesain khusus dan teruji.

"Ketika akan mendahului kendaraan lain, gunakan lampu sein, perhatikan spion dan wajib untuk memastikan sisi tersebut aman (karena ada blind spot)," tandas dia. (mg8/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...