Kenali Gejala Andropause pada Pria

Kenali Gejala Andropause pada Pria
Waspadai andropuase. Getty Images
Tak hanya perempuan yang mengalami penurunan fungsi fungsi seksual yang ditandai dengan menopause. Laki-laki pun mengalami hal yang sama.

Bedanya, jika wanita yang mengalami menopause terjadi dengan penurunan produksi ovum, produksi hormon estrogen dan siklus haid yang akan berhenti maka pada pria mengalami penurunan produksi spermatozoa, hormon testosteron dan hormon-hormon lainnya terjadi secara perlahan dan bertahap.

Menurut Konsultan Senior Urologi, Delhi Sri Balaji Action Medis Institute, Dr G.P. Sharma krisis paruh baya yang dialami laki-laki ini disebut andropause.

"Andropause adalah kekurangan hormon laki-laki. Dengan kata lain, andropause mungkin terkait dengan penurunan produksi hormon testosteron dan dehydroepiandrosterone (sejenis hormon steroid yang dibuat oleh kelenjar adrenal pada laki-laki dan perempuan)," kata Sharma seperti yang dilansir laman Times of India, Minggu (2/6).

Tak hanya perempuan yang mengalami penurunan fungsi fungsi seksual yang ditandai dengan menopause. Laki-laki pun mengalami hal yang sama. Bedanya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News