Kenali Penyebab Kelelahan Seperti yang Dialami Aa Gym

Kenali Penyebab Kelelahan Seperti yang Dialami Aa Gym
Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kekelahan bisa dialami siapa saja, baik usia muda maupun tua. Tokoh publik yang bisa dikatakan sudah terbiasa dengan segudang aktivitas pun bisa ambruk, seperti yang dialami oleh pendakwah Aa Gym sepulangnya melayani jemaah umrah. Sekalipun normal terjadi, tapi kelelahan tentunya bisa mengganggu aktivitas Anda. Sebenarnya, apa penyebab kelelahan seperti yang diderita Aa Gym ini?

Ketika tubuh sudah merasa lelah, ritme kerja tubuh biasanya akan melambat. Hal ini sebenarnya kondisi yang wajar. Namun jika Anda sering kelelahan, Anda patut waspada. Jangan-jangan salah satu faktor di bawah ini adalah penyebabnya.

1. Kurang istirahat
Untuk memulihkan stamina setelah seharian beraktivitas, tubuh memerlukan istirahat dalam porsi yang cukup dengan tidur. Untuk menjamin kecukupan tidur ini, Sleep Foundation merekomendasikan setiap dewasa usia 26-64 tahun untuk tidur malam 7-9 jam setiap harinya.

Bila kurang dari durasi yang direkomendasikan, pemulihan energi tubuh tidak bisa berlangsung optimal. Jika kurang tidur, yang dikorbankan adalah sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan mudah terasa lelah ketika dihadang oleh sederet aktivitas. Ini bisa jadi menjadi penyebab Aa Gym mengalami kelelahan akibat padatnya kegiatan selama berada di Tanah Suci.

2. Tidak tercukupinya asupan air putih
Setiap sel tubuh memerlukan asupan makanan dan oksigen dari darah dalam jumlah cukup untuk dapat bekerja dengan baik. Agar aliran darah ke sel-sel ini tetap lancar, kecukupan cairan tubuh harus diutamakan.

Bagi seorang dewasa sehat, dianjurkan untuk minum air setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Kebutuhan cairan ini akan meningkat bila Anda beraktivitas di lingkungan yang panas. Jika asupan cairan tubuh tidak tercukupi, maka seseorang akan mudah mengalami dehidrasi dan penurunan performa harian.

3. Pola makan berantakan
Ketika Anda melewatkan sarapan, makan siang seadanya, lebih sering makan camilan, pola makan yang berantakan seperti ini bisa menjadi biang kerok kelelahan. Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan gizi lengkap dan seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh dan regenerasi sel-sel yang rusak.

Daya tahan tubuh akan terjaga bila bahan makanan kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Keseluruhan nutrisi ini banyak terdapat dalam sayur serta buah. Jadi, jangan pernah mengabaikan kecukupan kedua makanan ini dalam menu sehari-hari.

Jika Anda sering kelelahan, Anda patut waspada. Jangan-jangan salah satu faktor di bawah ini adalah penyebabnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News