Kenali Tanda-tanda Anda Mulai Kekurangan Zat Besi

Kenali Tanda-tanda Anda Mulai Kekurangan Zat Besi
Badan lemas saat bekerja bisa jadi tanda-tanda kekurangan zat besi. Foto: Allodokter

jpnn.com - Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan hemoglobin dalam darah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, selain bertugas membangun massa otot juga.

Zat besi yang juga bagian dari enzim akan membantu tubuh dalam mencerna makanan dan juga, reaksi-reaksi tubuh yang penting lainnya.

Secara alami, wanita merupakan golongan yang berisiko mengalami kekurangan zat besi dibandingkan pria. Kondisi ini lebih berisiko terjadi jika mengalami perdarahan berlebihan pada saat haid atau saat persalinan.

Beberapa gejala berikut menjadi tanda-tanda kekurangan zat besi yang mudah dikenali, seperti dilansir laman MSN, Rabu (27/2).

1. Selalu lelah

Jika Anda cukup tidur tetapi Anda merasa sangat lelah sepanjang waktu, Anda mungkin kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi bisa meningkatkan kelelahan otot dan memperburuk daya tahan serta kapasitas aerobik Anda.

2. Kulit lebih pucat dari biasanya

Jika Anda menyadari bahwa kulit Anda terlihat lebih pucat dari biasanya, ini adalah sinyal lain bahwa Anda tidak mendapatkan cukup zat besi dalam diet Anda. Semakin banyak zat besi yang Anda dapatkan, maka akan semakin banyak warna yang akan Anda miliki dalam warna kulit Anda.

Ada beberapa gejala menjadi tanda-tanda kekurangan zat besi yang mudah dikenali,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News