Kenapa Bayi-Bayi Sumo Lahir di Inggris, Ini Penyebabnya...

Kenapa Bayi-Bayi Sumo Lahir di Inggris, Ini Penyebabnya...
Kenapa Bayi-Bayi Sumo Lahir di Inggris, Ini Penyebabnya...

jpnn.com - LONDON - Tahun lalu, bayi yang lahir dengan berat 7,1 kilogram menjadi bayi terbesar di Inggris Raya. Sejauh ini, nama bayi tersebut belum dipublikasikan, namun ia diketahui lahir di Women's Hospital Liverpool. 

Tak hanya di Liverpool, setahun belakangan di Inggris juga lahir seorang bayi seberat 6,9 kilogram juga lahir di Teaching Hospital di Leeds. Tak ada keterangan apakah bayi tersebut lahir secara normal, namun para ahli percaya keduanya berjeniskelamin laki-laki.

Kedua bayi itu menambah daftar bayi yang lahir dengan berat di atas normal. Dalam tujuh tahun terakhir terjadi kenaikan jumlah kelahiran bayi dengan berat di atas normal hingga 16 persen. Tahun lalu, tercatat hampir 1000 kelahiran dengan berat bayi di atas 5 kilogram.

Dilansir dari laman Mirror, para ahli kesehatan melihat hal ini disebabkan oleh meningkatnya penderita obesitas di kalangan ibu hamil. 

"Ibu yang mengalami obesitas paling mungkin memiliki anak gemk yang kondisi kesehatannya sangat terpengaruh dengan kondisi saat mereka lahir," kata Tam Fry dari Forum Obesitas Nasional. 

Ironisnya, Fry menambahkan, Inggris akan melihat lebih banyak bayi-bayi sumo sampai negara itu dapat memastikan para calon ibu memasuki masa kehamilan dengan berat badan normal.

Berdasarkan laporan kesehatan tahun lalu, satu dari lima perempuan hamil di Inggris mengalami kelebihan berat badan. Sebelum kelahiran bayi raksasa di Liverpool, rekor kelahiran terberat di Inggris dipegang seorang bayi yang lahir pada 1992 di Barrow dengan berat 7,03 kilogram. (ray/jpnn)

LONDON - Tahun lalu, bayi yang lahir dengan berat 7,1 kilogram menjadi bayi terbesar di Inggris Raya. Sejauh ini, nama bayi tersebut belum dipublikasikan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News