Kenapa Vanuatu Selalu Begitu Kepada Indonesia?

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Kenapa Vanuatu Selalu Begitu Kepada Indonesia?
Peta Republik Vanuatu. Foto: Google Map

jpnn.com - Vanuatu adalah negara kecil terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil di Samudra Pasifik, sebelah timur Benua Australia.

Penduduknya sekitar 300 ribu orang, hidup sebagai suku-suku dengan mengandalkan pertanian dan hasil laut sebagai sumber mata pencaharian.

Selain Vanuatu, ada juga negara kepulauan kecil yang tersebar di Pasifik, seperti Samoa, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon. Ada juga negara-negara kepulauan kecil yang masyhur sebagai tujuan wisata seperti Maladewa dan Fiji.

Vanuatu negara kecil yang masuk kategori miskin. Negara kecil ini membuat Indonesia tidak nyaman berjalan dalam diplomasi internasional. Dalam lima tahun terakhir sejak 2016 di forum Sidang Umum PBB, Vanuatu selalu menyoal rekor hak asasi manusia (HAM) Indonesia di Papua.

Tahun ini pun Vanuatu melakukan hal yang sama. Sidang Umum tahun ini Presiden Jokowi diberi kesempatan untuk memberikan pidato. Hal ini sudah menjadi tradisi di PBB untuk memberi kesempatan kepada semua pemimpin dunia untuk memberikan pidatonya.

Di forum SU ini setiap negara boleh berbicara mengenai apa saja.

Vanuatu mempergunakan kesempatan untuk mempertanyakan perlakuan Indonesia terhadap Papua.

Vanuatu menuduh pemerintah Indonesia melakukan pelanggaran HAM di Papua, dan mendesak pemerintah Indonesia untuk menghentikannya.

Dalam lima tahun terakhir sejak 2016 di forum Sidang Umum PBB, Vanuatu selalu menyoal Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News