Kepala BPIP Beber Peran Besar Muntok dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kepala BPIP Beber Peran Besar Muntok dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi bersama Sekretaris Umum BPIP Adhianti mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Bangka Barat, Selasa (26/7). Foto: Dokumentasi BPIP

jpnn.com, MUNTOK - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi menyebut Muntok, sebuah wilayah di Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, memiliki peran besar untuk Indonesia.

Sebab, para pendiri bangsa yang pernah diasingkan di daerah ini, di antaranya Bapak Proklamator Soekarno dan M Hatta.

"Di sini ada cerita sejarah yang tidak tersentuh," kata Prof Yudian saat membuka pameran foto sejarah di Museum Timah Indonesia Muntok, Selasa (26/7).

Kepala BPIP Beber Peran Besar Muntok dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat membuka dan menghadiri pameran foto sejarah di Museum Timah Indonesia Muntok, Selasa (26/7). Foto: Dokumentasi BPIP.

Selain membuka pameran foto, Prof Yudian Wahyudi didampingi Sekretaris Utama BPIP Adhianti juga melanjutkan kunjungan jejak sejarah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Wisma Ranggam dan Bukit Menumbing.

"Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena dengan perjuangan para pendiri bangsa dan ideologi Pancasila sampai saat ini masih merasakan kemerdekaan," ucapnya.

Berbekal perjuangan para pendiri bangsa tersebut dan ideologi Pancasila yang dipegang teguh bangsa Indonesia, mencatatkan sejarah banyak negara terpecah bela pascaperang dunia kedua, namun tidak dengan Indonesia.

Kepala BPIP Prof Yudian membeberkan peran besar Muntok, dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, salah satunya para pendiri bangsa pernah diasingkan di sini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News