Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi Turun, Elektabilitas Prabowo-Gibran Jalan di Tempat

Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi Turun, Elektabilitas Prabowo-Gibran Jalan di Tempat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) merilis hasil survei terbaru yang dilakukan dalam rentang waktu Agustus 2023-Januari 2024.

Salah satu hal yang disoroti dalam survei itu ialah elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran yang jalan di tempat.

Direktur Riset dan Survei IPE, Agustanto menjelaskan hal itu imbas dari tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo yang menurun.

“Ketidakpercayaan masyarakat Indonesia terhadap ketidakkonsistenan Presiden Jokowi dalam bertindak, bersikap, dan berpolitik, nyata berimbas pada turunnya elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran di awal tahun 2024," kata Agustanto di Jakarta, Selasa (2/1).

Dia menjelaskan hal itu dampak dari strategi pilihan politik Tim Pemenangan Prabowo-Gibran dengan menjadikan Jokowi sebagai ikon sentral pendongkrak suara 02.

“Suguhan di sosial media, tayangan di flash news, TikTok begitu massif menginformasikan dan membandingkan ucapan Presiden Jokowi yang nyata berubah dan masyarakat menyaksikan ini semua," lanjutnya.

Dia juga menyebutkan alasan masyarakat milih Prabowo-Gibran bukan karena visi-misi yang diusung.

"Namun, mereka memilih pasangan 02 dikarenakan bantuan sosial yang mereka terima selama rentang Oktober–Desember 2023.

Hasil Survei IPE menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Jokowi yang menurun berimbas pada elektabilitas Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News