Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintahan Jokowi Capai 73,2 Persen

Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintahan Jokowi Capai 73,2 Persen
Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Menko Perekonomina Airlangga Hartarto dan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Poltracking Indonesia mencatat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meningkat ke angka 73,2 persen.

Tercatat dalam tren temuan survei Poltracking pada Mei sebesar 59.6 persen serta Agustus 66.2 persen.

Survei ini dilakukan pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1220 responden di seluruh Indonesia dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode sampling ini bisa meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat.

Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, mengungkapkan mayoritas responden yang mengaku puas karena merasakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diluncurkan Jokowi.

"Tren kenaikan kepuasan publik yakni karena  BLT yang disalurkan pemerintah untuk menekan dampak ekonomi akibat kenaikan harga BBM," ujar Hanta dalam Rilis Survei Nasional Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022, yang dilakukan secara daring pada Kamis (8/12).

Hal tersebut membuat penilaian masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin makin positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News