Keren! Kemenkeu Satu Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Agar Naik Kelas di 3 Daerah Ini

Keren! Kemenkeu Satu Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Agar Naik Kelas di 3 Daerah Ini
Kemenkeu Satu Provinsi Banten menggandeng Lembaga Penjaminan Export Impor (LPEI) menyelenggarakan pelatihan bertajuk Coaching Program New Exporter (CPNE) di Kanwil Bea Cukai Banten dan KPKNL II Tangerang. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Sejumlah satuan kerja atau instansi, termasuk di dalamnya Bea Cukai yang tergabung dalam Kemenkeu Satu berkolaborasi memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas melalui berbagai kegiatan.

Kolaborasi sebagai wujud dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19 itu terlaksana di tiga daerah, yaitu Langsa, Tangerang Selatan, dan Bogor.

Bea Cukai Langsa bersama Kantor Pelayanan Pajak setempat, Perbendaharaan Negara Langsa, dan Perbendaharaan Negara Kutacane menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) sinergi Kemenkeu Satu untuk para pelaku UMKM di wilayah Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring dengan pokok bahasan seputar peran Bea Cukai dalam mendukung kelancaran pemasaran produk UMKM serta permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi para pelaku UMKM dalam mengekspor barang hasil produksinya.

"Diharapkan dengan dilaksanakan Bimtek tersebut, satuan kerja Kementerian Keuangan, khususnya yang berada di wilayah Provinsi Aceh, dapat saling bersinergi memberdayakan UMKM agar dapat memasarkan hasil produksinya sampai ke mancanegara secara optimal, efektif, dan efisien," ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima, Senin (14/11).

Kegiatan serupa juga terlaksana di Tangerang Selatan pada Jumat (4/11) lalu.

Kemenkeu Satu Provinsi Banten menggandeng Lembaga Penjaminan Export Impor (LPEI) menyelenggarakan pelatihan bertajuk Coaching Program New Exporter (CPNE) di Kanwil Bea Cukai Banten dan KPKNL II Tangerang.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini ditujukan untuk mengedukasi dan mempersiapkan para pelaku UMKM agar semakin siap dan mahir untuk melakukan ekspor.

Bea Cukai bersama satuan kerja lainnya yang tergabung dalam Kemenkeu Satu berkolaborasi memberdayakan UMKM di 3 daerah ini agar naik kelas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News