Keren, Miniatur Moge dari Limbah Paralon Ini Tembus Pasar Mancanegara

Keren, Miniatur Moge dari Limbah Paralon Ini Tembus Pasar Mancanegara
Warga Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Bahrun Mustofa pembuat miniatur moge berbahan dasar limbah pipa. Foto: Antara

jpnn.com, TEMANGGUNG - Warga Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Bahrun Mustofa tidak menyangka keterampilannya membuat miniatur motor gede (moge) klasik berbahan limbah pipa plastik diminati konsumen dari mancanegara.

"Hampir semua peminat karya saya ini dari mancanegara, seperti Amerika Serikat, Malaysia, dan Israel," kata Bahrun di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (24/4).

Menurutnya, karya ekonomi kreatif dari limbah PVC ini dijual dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta. Harga itu dibanderol tergantung skala dan kerumitannya.

"Pernah mendapat pesanan dari warga Amerika Serikat dengan harga Rp 15 juta, dengan bagian-bagian miniatur moge tersebut bisa dilepas," katanya.

Pria berusia 40 tahun itu mengatakan, tidak hanya menjual produk via luring namun juga daring.

Pemesanan melalui daring rata-rata dilakukan dengan mengirim gambar.

Pelanggan, kata dia, kebanyakan minta dibuatkan miniatur itu sepeda motor, kemudian skala miniatur terserah pemesan.

"Kebanyakan kalau permintaan dari Amerika Serikat dengan skala 1:6 sampai 1:10, tetapi kalau orang Malaysia skala 1:12," ujar Bahrun.

Warga Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Bahrun Mustofa tidak menyangka keterampilannya membuat miniatur motor gede (moge) klasik diminati konsumen dari mancanegara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News