Keren, Tips Praktis Membuat Gelato di Dapur Kanorai, Silakan Mampir

Keren, Tips Praktis Membuat Gelato di Dapur Kanorai, Silakan Mampir
Pengusaha Kanorai Ibu Lillian Wiguna (kanan) memandu demonstrasi cara pembuatan gelato di dapur Kanorai. Foto: Youtube RKN Media

jpnn.com - Gerai gelato instagrammable kini bertebaran di mana-mana. Tak heran, gelato saat ini menjadi jenis dessert favorit.

Namun banyak penggemar gelato yang masih menyebut kudapan yang satu ini sebagai es krim gelato padahal keduanya berbeda.

Memang kalau dilihat dari segi rasa dan tekstur keduanya mirip.

Namun dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya, es krim dan gelato sebenarnya berbeda. Lalu apa saja perbedaan gelato dan es krim?

Berikut ini penjelasan pengusaha Kanorai Ibu Lillian Wiguna seperti dilansir RKN Media melalui kanal YouTube pada Selasa (10/8) berjudul “Intip Pembuatan Gelato di Dapur Kanorai.”

1. Es krim berasal dari Tiongkok, sedangkan gelato dari Italia

Asal muasal es krim sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, menurut catatan paling tua yang bisa ditemukan, es krim sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno dari bahan susu kerbau, tepung, dan es. Sementara itu, gelato berasal dari Italia.

Nama gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya "beku". Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan kudapan ini pertama kali dibuat di kota Florence.

Ibu Lillian Wiguna mengatakan banyak penggemar gelato yang masih menyebut kudapan yang satu ini sebagai es krim gelato padahal keduanya berbeda.