Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Pengantar Bendera Pusaka, Kebanggaan Masyarakat Purwakarta

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Pengantar Bendera Pusaka, Kebanggaan Masyarakat Purwakarta
Kereta Kencana Ki Jaga Raksa. Foto: Pojokbandung

jpnn.com, JAKARTA - Mungkin banyak masyarakat tidak tahu kereta kencana yang membawa bendera pusaka dalam peringatan HUT ke-74 RI di Istana Negara merupakan milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Ya, kereta kencana ini bernama Ki Jaga Raksa, dan sudah menjadi langganan acara serupa selama empat tahun terakhir.

Kereta kencana tersebut dibuat semasa Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta. Selain sebagai bentuk aplikasi kekayaan budaya Sunda, hal itu pun ditujukan sebagai ikon Kabupaten Purwakarta.

Dedi Mulyadi yang mengantar langsung kereta ini mengatakan, penggunaan kereta kencana oleh pihak Istana Negara menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, beserta warga Jawa Barat.

BACA JUGA: Jokowi-JK Umbar Senyuman dan Lambaian dari Kereta Kencana

“Kereta kencana ini ikon. Khusus pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan sudah empat tahun terakhir ini, bendera pusaka dibawa oleh Ki Jaga Raksa,” katanya.

Menurutnya, pihak Istana Negara sudah mengajukan peminjaman di akhir tahun 2018, sehingga pihak pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk perawatan.

“Sejak lama dipersiapkan, permohonannya akhir Desember 2018, bahkan selama dua bulan berada di Yogyakarta untuk dicek dulu dan mendapatkan servis, semuanya kita persiapkan untuk acara HUT Kemerdekaan RI,” katanya.

Kereta kencana Ki Jaga Raksa dibuat semasa Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta. Selain sebagai bentuk aplikasi kekayaan budaya Sunda, hal itu pun ditujukan sebagai ikon Kabupaten Purwakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News