Kereta Semicepat, Jakarta-Surabaya 5 Jam 30 Menit

Kereta Semicepat, Jakarta-Surabaya 5 Jam 30 Menit
Budi Karya Sumadi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan infrastruktur kereta semicepat Jakarta-Semarang ditargetkan kelas sebelum 2020. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pembangunan jalur kereta semicepat Jakarta-Surabaya.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan sebelum proyek kereta semi cepat dimulai, secara bertahap akan diselesaikan perlintasan sebidang agar tidak mengganggu perjalanan kereta api.

”Secara bertahap kita akan menyelesaikan 800 sampai 900 perlintasan sebidang karena mengganggu perjalanan kereta api yang sering mengakibatkan kecelakaan,” ujar Budi.

Setelah menyelesaikan lingkasan sebidang, Kemenhub akan menyelesaikan kereta semi cepat tahap Jakarta-Semarang pada tahun 2020.

Jika proyek tersebut telah selesai, maka Jakarta-Semarang bisa ditempuh dalam kurun waktu sekitar tiga jam.

Dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPN) salah satunya adalah melakukan optimalisasi jaringan eksisting.

Caranya dengan program peningkatan jalur, rehabilitasi, reaktivasi lintas non operasi, serta peningkatan kapasitas lintas dengan cara membangun jalur ganda dan shortcut.

Untuk itu sebagai implementasi akan dikembangkan jaringan dan layanan kereta api cepat pada lintas dari Merak - Jakarta - Cirebon - Semarang - Surabaya hingga Banyuwangi.

Dengan kereta semicepat Jakarta-Surabaya, maka waktu tempuh akan lebih singkat. Diperkirakan akan ditempuh dalam 5 jam 30 menit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News