Pengin Tahu Harga Tiket Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya?

Pengin Tahu Harga Tiket Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya?
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (jaket hitam) saat rapat di DPR. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, harga tiket kereta api (KA) Semicepat Jakarta-Surabaya diperkirakan berada di kisaran Rp400.000. Harga ini tidak begitu berbeda dari tiket kereta jarak jauh saat ini.

“Kami belum detail bicara tentang harga tiket tapi ada satu asumsi bahwa kalau kurang lebih Rp400.000,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers usai penandatanganan kesepakatan teknis KA Semicepat Jakarta Surabaya di Jakarta, Selasa (24/9).

Karena itu, Budi mengatakan pihaknya akan mengoptimalisasi investasi agar bisa menghitung biaya yang dibebankan kepada penumpang.

“Kami akan optimasi antara berapa investasi berapa yang kami bebankan. Ini bukan subsidi,” katanya.

KA Semicepat Jakarta-Surabaya diperkirakan bisa menampung sembilan juta penumpang per tahun.

Saat ini pemerintah Indonesia dan Jepang telah menyepakati kesepakatan teknis merupakan rumusan yang berisi kesepakatan kedua belah pihak terkat beberapa hal teknis seperti : lebar jalur, jenis konstruksi, sistem persinyalan, desain kecepatan dan jenis sarana perkeretaapian (rollingstock); tahapan Konstruksi; Sterilisasi Ruang Milik Jalur Kereta Api (Rumija) dengan pembangunan perlintasan tidak sebidang, baik berupa jalan layang, underpass dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO); Pemberdayaan industri kereta api nasional atau lokal konten; dan Skema pembiayaan proyek melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Rumusan tersebut sangat penting bagi kelancaran tahapan selanjutnya dari Proyek Peningkatan Kecepatan KA Jakarta – Surabaya yaitu pelaksanaan Preparatory Survey oleh Tim JICA yang dijadwalkan akan selesai pada bulan Oktober 2020.

Dengan potensi permintaan perjalanan KA Jakarta – Surabaya yang semakin besar, Pemerintah berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kapasitas angkut melalui Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api Jakarta – Surabaya.

Harga tiket KA Semicepat Jakarta-Surabaya tidak jauh berbeda dengan harga tiket kereta api jarak jauh saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News