Kereta Trans Sumatera Butuh Rp 70 Triliun

Kereta Trans Sumatera Butuh Rp 70 Triliun
Kereta Trans Sumatera Butuh Rp 70 Triliun
JAKARTA - Pemerintah tidak hanya memikirkan pembangunan rel ganda (double track) yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya di pulau Jawa, akan tetapi juga akan membangun jalur kereta di Pulau Sumatera. Studi kelayakan (feasibility study) mengenai jalur kereta yang akan mengubungkan Lampung hingga Aceh itu diharapkan bisa selesai Agustus tahun ini.

              

"Studi sedang dilakukan pemerintah dan akan memperhatikan titik-titik ekonomi di wilayah yang akan dilewati jalur kereta tersebut. Mudah-mudahan studi bisa selesai Agustus 2012," ujar Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, Senin (2/7).

Jalur kereta api trans Sumatra tersebut nantinya akan menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.168 kilometer. Diharapkan dengan adanya jalur kereta tersebut aktifitas pergerakan penumpang, barang atau komoditi strategis lainnya dapat meningkat pesat di masa yang akan datang. 

Studi pembangunan jalur kereta trans Sumatra ini sudah mulai dilakukan secara terpisah di sejumlah provinsi dan untuk realisasinya akan dilakukan melalui kerja sama pemerintah dan swasta (KPS). Sebab dana yang dibutuhkan untuk membangun rel kereta cukup besar sehingga perlu keterlibatan investor swasta.

JAKARTA - Pemerintah tidak hanya memikirkan pembangunan rel ganda (double track) yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya di pulau Jawa, akan tetapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News