Kerja Sama Sido Muncul dan KemenKopUKM, Dorong Rantai Pasok Komoditas Bahan Baku Jamu Bagi UMKM

Kerja Sama Sido Muncul dan KemenKopUKM, Dorong Rantai Pasok Komoditas Bahan Baku Jamu Bagi UMKM
Penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Sido Muncul IrwanHidayat bersama Deputi Bidang Usaha MikroKemenKopUKM Yulius, yang disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, Jumat (16/12). Foto: dokumentasi Sido Muncul

jpnn.com, JAKARTA - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong usahamikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ke dalam rantai pasok bahan baku jamu.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut untuk memberdayakan usaha mikro melalui program pengembangan rantai pasok bahan baku jamu.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Sido Muncul IrwanHidayat bersama Deputi Bidang Usaha MikroKemenKopUKM Yulius, yang disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, Jumat (16/12).

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan kedua pihakakan berkoordinasi melakukan pembinaan, pelatihan, bimbingan, pendampingan selama proses produksi pascapanen hingga distribusi pemasaran. 

“Tentunya dari pertemuan ini dari 160 atau 20 kelompok tanibinaan itu nanti kami harapkan supaya mereka dibina untuksegera mendirikan koperasi. Jadi, lebih banyak secara institusikami berhubungan dengan koperasi,” ucap Irwan di lokasi.

Menurut Irwan, proses kerja sama dengan para petanidilakukan secara adil karena pihaknya membeli hasil panenbahan baku jamu. Mulanya Sido Muncul akan memberi bibit, membina, lalu hasil panennya tetap alan dibeli.

“Jadi, supaya mereka itu bisa lebih hemat, dan konsepnyakami membagikan semakin banyak pekerjaan, membagikanmata rantai,” kata dia.

Di lokasi yang sama, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengucapkan terima kasihterhadap kemutraan dan kerja sama yang dilakukan.

Sido Muncul dan KemenKopUKM menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong usahamikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ke dalam rantai pasok bahan baku jamu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News