Kertas Putih

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Kertas Putih
Orang-orang memegang lembaran kertas putih sebagai protes atas pembatasan COVID-19, setelah berjaga bagi para korban kebakaran di Urumqi, di Beijing, China, 27 November 2022. (ANTARA/REUTERS/Thomas Peter/as)

jpnn.com - Macam-macam cara orang menyampaikan protes. Ada yang membawa poster dan spanduk lalu meneriakkan jargon tuntutan dengan suara keras.

Ada yang melakukan ‘’silent protest’’, protes senyap tanpa suara, dan ada juga yang membentangkan poster kosong tanpa narasi apa pun.

Poster kosong itu belakangan menjadi tren baru untuk melakukan protes.

Unjuk rasa di China yang berlangsung beberapa hari terakhir menjadi perhatian dunia, bukan hanya karena unjuk rasa ini tidak pernah terjadi sejak 1989, tetapi juga cara protes yang unik dengan membentangkan kertas putih polos tanpa narasi apa pun.

Kertas itu putih polos tanpa narasi tuntutan apapun. Akan tetapi tidak berarti bahwa para pengunjuk rasa tidak punya tuntutan.

Justru dengan kertas kosong itu pesan yang mereka kirim terasa sangat powerful, penuh kekuatan yang mengejutkan.

Poster kosong menjadi simbol bagi pengunjuk rasa di China untuk menungkapkan kemarahan mereka atas pembatasan Covid-19 yang dinilai terlalu berlebihan.

Aksi protes telah meluas di sejumlah wilayah di China, termasuk di perguruan tinggi terkemuka.

Poster kosong menjadi simbol bagi pengunjuk rasa di China untuk menungkapkan kemarahan mereka atas pembatasan Covid-19 yang dinilai terlalu berlebihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News