Kesadaran Pengusaha Masih Rendah

Ratusan Ribu Pekerja Belum Ikut Jamsostek

Kesadaran Pengusaha Masih Rendah
Kesadaran Pengusaha Masih Rendah
JAKARTA - Kesadaran pengusaha untuk mengasuransikan tenaga kerjanya di Jamsostek masih rendah. Berdasarkan data Jamsostek, hingga saat ini ada 23.100 perusahaan yang belum mengikutsertakan 383.511 karyawannya sebagai peserta Jamsostek. Hal itu diungkapkan Dirut PT Jamsostek, Hotbonar, dalam rapat dengar pendapat Komisi IX DPR RI, Selasa (18/5).

Hotbonar merincikan, perusahaan yang menjadi peserta Jamsostek dengan hanya mendaftarkaan sebagian tenaga kerjanya saja ada 1.611 perusahaan, dengan jumlah pekerja yang didaftarkan sebanyak 393.740 karyawan. Sedangkan perusahaan yang hanya mendaftarkan sebagian program Jamsostek ada 547 perusahaan dengan total karyawan yang diikutsertakan 209.793. Adapun perusahaan peserta Jamsostek yang hanya mendaftarkan sebagian upah sebanyak 45.901 perusahaan dengan jumlah karyawan yang diikutsertakan 1.591.672 orang.

Menurut Hotbonar, rendahnya keikutsertaan perusahaan dalam Jamsostek karena banyak pengusaha yang menganggap program Jamsostek merupakan beban finansial perusahaan. Selain itu, banyak karyawan yang hanya dipekerjakan sengan pola outsourching, sehingga yang dilaporkan hanya gaji pokok saja dan tidak diikutsertakan dalam program Jamsostek.

Hotbonar juga menyebut salah satu sebab rendahnya keikutsertaan dalam program Jamsostek kurangnya pegawai pengawas ketenagakerjaan. "Kurangnya pegawai pengawas ketenagakerjaan di daerah untuk melaksanakan pengawasan ikut menjadi penyebab masalah rendahnya keikutsertaan perusahaan di Jamsostek," ujar Hotbonar.

JAKARTA - Kesadaran pengusaha untuk mengasuransikan tenaga kerjanya di Jamsostek masih rendah. Berdasarkan data Jamsostek, hingga saat ini ada 23.100

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News