Kesadaran Perencanaan Keuangan di Indonesia Alami Kenaikan

Kesadaran Perencanaan Keuangan di Indonesia Alami Kenaikan
Marketing Head, Citibank N.A Indonesia Ivan Jaya memaparkan hasil survei FinQ yang dilakukan Citi Indonesia, melalui Citibank di kawasan Senopati, Jakarta, Selasa (25/2). Hasil survei menunjukkan kesadaran masyarkat Indonesia untuk berinfestasi meningkat 3 poin. Foto: Misbahul Anam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA --  Citigroup melakukan survei di 11 negara di Asia Pasifik untuk mengukur tingkat kesejahteraan keuangan dan memahami latar belakang aktifitas keuangan mereka. Survei ini kemudian dirumuskan menjadi Citi FinQ.

Retail Bank Segment Marketing Head, Citibank N.A Indonesia Ivan Jaya, menjelaskan, Financial quotient atau FinQ adalah istilah yang digunakan Citigroup untuk menunjukkan kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan keuangan dan mengimplementasikan tata kelola keuangan dengan baik.

Di Indonesia, survei tahunan ini dilakukan berdasarkan gender, umur, domisili dan tingkat pendapatan. Beberapa kategori yang termasuk dalam penghitungan FinQ mencakup penganggaran, program tabungan, perencanaan pensiun, investasi, dan kepemilikan rumah.

Hasilnya, Skor FinQdi Indonesia meningkat 3 poin. Tahun 2012, survei Citi FinQ ada pada 57,7 poin sedangkan tahun ini 60,7 poin.

"Survei reguler ini juga dilakukan sebagai bentuk komitmen Citi untuk memantau dan mengantisipasi perilaku pasar guna menghadirkan produk dan jasa inovatif yang tentunya sesuai dengan kebutuhan perbankan masyarakat Indonesia,” kata Ivan Jaya di Kawasan Senopati Blok S Jakarta Selatan, Selasa (25/2).

Skor FinQ Indonesia memang mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Namun data menunjukkan bahwa hanya 36 persen responden di Indonesia yang mematuhi anggaran bulanan yang dibuatnya. "Lebih rendah 39 persen dari yang dihasilkan oleh responden di Filipina," ungkapnya. (abu/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Harga Daging Bertahan

JAKARTA --  Citigroup melakukan survei di 11 negara di Asia Pasifik untuk mengukur tingkat kesejahteraan keuangan dan memahami latar belakang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News