Kesaksian Gary Perkuat Peran Kaligis Menyuap Hakim

Kesaksian Gary Perkuat Peran Kaligis Menyuap Hakim
OC Kaligis. FOTO: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta melanjutkan sidang perkara suap hakim PTUN Medan dengan dua terdakwa Gubernur nonaktif Sumut Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evi Susanti, Rabu (6/1). Sidang kali ini mengagendakan pemeriksaan tiga saksi. Mereka ialah pengacara M Yagari Bhastara Guntur alias Gary, Mustofa orang dekat Evi dan Gatot serta Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut Ahmad Fuad Lubis.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Sinung Hermawan, Gary mengaku bahwa yang berinisiatif mengajukan gugatan TUN ke PTUN Medan adalah Kaligis. Gary yang merupakan anak buah Kaligis, menjelaskan awalnya Evi dan Gatot menemui Kaligis di kantornya, Jalan Majapahit, Jakarta awal Maret 2015.

Evi dan Gatot bercerita bahwa ada orang Pemprov berperkara di Medan. Lalu Evi dan Gatot meminta advice Kaligis.

“Kemudian OC Kaligis menjadi pengacara terdakwa,” kata Gary di persidangan.

Ia mengatakan, Evi dan Gatot bercerita bahwa ada surat permintaan keterangan dari Kejagung terhadap Sabrina dan Lubis terkait perkara BOS yang sudah masuk tahap penyelidikan. Selanjutnya, Kaligis menyatakan tidak usah menanggapi panggilan Kejagung.

“Nanti kita pikirkan langkah berikutnya apa,” kata Gary menirukan Kaligis.

Dia mengatakan, terdakwa awalnya meminta advice karena surat panggilan itu dikhawatirkan mengarah kepada gubernur dan wagub Sumut. Kemudian, pada 1 April ada surat panggilan kedua untuk Lubis dan Sabrina. Yang bikin heran, kata dia, dalam surat penyelidikan itu sudah mencantumkan nama Gatot sebagai tersangka.

Lalu, Lubis dan Sabrina sebelum menghadiri panggilan Kejagung datang ke kantor Kaligis. Mereka tidak datang bersamaan. Di kantor Kaligis, mereka bertiga berdiskusi.

JAKARTA – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta melanjutkan sidang perkara suap hakim PTUN Medan dengan dua terdakwa Gubernur nonaktif Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News