Kesampingkan Perseteruan, Cari Malaysia Airlines Bersama

Kesampingkan Perseteruan, Cari Malaysia Airlines Bersama
Kesampingkan Perseteruan, Cari Malaysia Airlines Bersama

jpnn.com - HUBUNGAN Tiongkok dan Filipina belakangan ini memang memanas karena bersengketa tentang batas perairan China Selatan. Tapi untuk kali ini kedua negara itu meninggalkan dulu perseteruan dan bersama-sama membantu mencari keberadaan pesawat Malaysia Airlines yang diperkirakan hilang di Laut China Selatan. 

Beberapa negara memang terlibat dalam pencarian pesawat dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing Sabtu (8/3). 

Negara-negara yang ambil bagian untuk membantu mencari adalah di antaranya adalah Tiongkok, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina. Mereka mengerahkan kemampuan militer berserta kapal dan alat-alat lainnya untuk menemukan pesawat berkode MAS itu.

Yang paling menjadi perhatian adalah keitsertaan Filipina dan Tiongkok. Sebab, hubungan kedua negara itu akhir-ahkir ini sedang menghangat. 

Tapi Komandan Militer Filipina bagian barat Letjen Roy Deveraturda mengaku pihaknya mengesampingkan dulu permasalahan sengketa itu. "Pada keadaan darurat seperti ini kita harus menunjukkan kesatuan," kata Roy seperti dikutip the guardian. (mas/jpnn)  

HUBUNGAN Tiongkok dan Filipina belakangan ini memang memanas karena bersengketa tentang batas perairan China Selatan. Tapi untuk kali ini kedua negara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News