Kesejahteraan Cegah Illegal Logging

Kesejahteraan Cegah Illegal Logging
Kesejahteraan Cegah Illegal Logging
JAKARTA –Terdapt keterkaitan erat antara kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan tingkat terjadinya pembalakan liar atau illegal logging. Semakin kurang sejahtera masyarakat sekitar hutan dan kian terpencil mereka, potensi illegal logging semakin besar.

 

”Karena itu, kami mendukung percepatan pembangunan daerah tertinggal sejalan dengan pemberantasan illegal logging, sekaligus mewujudkan hutan lestari,” kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat memberikan ceramah di Forum Konsolidasi Bupati, Wali kota, dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota Angkatan VI Lemhanas, Jakarta, Kamis (15/3).

Zulkifli mengungkapkan, pembalakan liar terjadi hampir di semua kawasan hutan, terutama di daerah perbatasan yang terpencil dan tertinggal. Pelakunya adalah masyarakat yang mempunyai kesempatan dan dikoordinir oleh penjahat besar, serta memiliki jaringan luas, termasuk oknum birokrasi.

Menurut Zulkifli, strategi paling tepat memberantas illegal logging adalah dengan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan usaha ekonomi kehutanan yang bersifat padat karya.

JAKARTA –Terdapt keterkaitan erat antara kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan tingkat terjadinya pembalakan liar atau illegal logging.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News