Kesimpulan Moeldoko soal Nilai Plus Jokowi Pasca-debat Kedua

Kesimpulan Moeldoko soal Nilai Plus Jokowi Pasca-debat Kedua
Moeldoko. Foto: M. Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Moeldoko menyatakan, ada tiga hal yang bisa dilihat dari jagonya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu lalu (17/2). Moeldoko menyebut tiga hal yang bisa dilihat dari Jokowi adalah menguasai masalah, solutif dan pemberani.

Moeldoko mengatakan, Jokowi menguasai masalah karena faktor agregat lantaran berkarier di pemerintahan sejak menjadi wali kota, gubernur hingga presiden. "Semuanya itu menjadi basic yang dimiliki dan menjadi talenta sehingga menguasai persoalan bangsa," ucap Moeldoko di Jakarta, Selasa (19/2).

Kedua, kata Moeldoko menjelaskan, Jokowi menyediakan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi saat ini ini. Menurutnya, ada perencanaan strategis tinggalan pemerintahan sebelumnya yang tak bisa dieksekusi, tetapi pada era Jokowi bisa terealisasi.

Baca juga: Fadli Zon: Apa Hebatnya Jokowi?

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) itu menambahkan, banyak proyek masa lalu yang belum selesai bisa dituntaskan secepatnya pada era Jokowi. Salah satu caranya adalah memangkas regulasi yang menghamnat investasi.

"Banyak regulasi-regulasi ataupun peraturan yang menghambat jalannya investasi, beliau datang bisa diselesaikan dengan cepat. Inilah hal-hal yang kelihatan dari seorang leader, selalu mencari solusi," tutur mantan Panglima TNI ini.

Terakhir, Moeldoko menyebut Jokowi berani mengambil risiko. Sebagai contoh, Jokowi memutuskan pelaksanaan pembangunan di seluruh pelosok tanah air, termasuk daerah-daerah yang jumlah pemilihnya sedikit. 

"Di mana mengambil risikonya? Kalau beliau mau mencari voters, beliau akan membangun infrastruktur di Jawa. Di Jawa secara politik voters-nya tinggi, secara ekonomi lebih cepat, tapi beliau tidak mengambil itu," terangnya. 

Moeldoko menyebut debat kedua bagi kontestan Pilpres 2019 menyuguhkan kesimpulan bahwa Jokowi adalah sosok yang menguasi masalah, mampu menghadirkan solusi, serta pemberani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News