Ketahui 9 Penyebab Perut Kembung

Ketahui 9 Penyebab Perut Kembung
ILUSTRASI. Perut Kembung. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Perut kembung tentu amat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, apalagi kondisi kesehatan yang satu ini tak bisa mereda dalam waktu singkat. Keluhan ini terjadi ketika perut terasa penuh, sebah atau begah.

Selain itu, gas yang menumpuk terlalu banyak di dalam saluran pencernaan juga bisa menyebabkan perut Anda terasa kembung.

Penyebab perut kembung

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, perut kembung bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:


1. Menelan udara. Jika udara yang ditelan tidak dikeluarkan lewat sendawa, udara ini akan melalui saluran pencernaan, dan dikeluarkan melalui anus sebagai flatus (kentut).

2. Menelan udara berlebihan dapat menyebabkan cegukan.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas. Hindari makanan seperti biji-bijian, brokoli, minuman bersoda, dan bir yang dapat memicu produksi gas.

4. Konstipasi. Kondisi ini dapat menyebabkan kembung, namun tidak meningkatkan jumlah gas dalam saluran cerna.

5. Efek samping obat atau suplemen. Beberapa jenis obat seperti obat antinyeri golongan narkotik, vitamin, suplemen besi dan obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi konstipasi terkadang dapat menyebabkan perut kembung.

6. Perubahan kadar hormon. Sebagian wanita akan mengalami kembung sebelum haid. Hal ini wajar terjadi sebagai akibat dari adanya perubahan hormon.

7. Hamil. Ibu hamil biasanya mengalami perut kembung yang diakibatkan oleh tekanan janin di dalam kandungan. Kondisi ini biasanya dialami pada trimester akhir kehamilan.

8. Otot perut melemah. Perut kembung ternyata bisa juga terjadi karena kinerja perut yang melemah usai menjalani operasi.

Keluhan kembung ini biasanya terjadi ketika perut terasa penuh, sebah atau begah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News