JPNN.com

Ketahui Efek Negatif Asap Rokok bagi Kesehatan

Jumat, 20 Maret 2020 – 23:31 WIB Ketahui Efek Negatif Asap Rokok bagi Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Hampir setiap orang tahu bahwa merokok bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Bahkan, di setiap bungkus rokok sudah tertulis peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan kematian.

Parahnya, dampak buruk rokok tidak hanya berlaku untuk orang yang merokok alias perokok aktif saja. Hal tersebut juga berlaku untuk mereka yang berada di sekitar orang-orang yang merokok, atau disebut perokok pasif alias secondhand smoker.

Efek Negatif Asap Rokok bagi Kesehatan

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa rokok membunuh lebih dari 8 juta orang per tahun. Lebih dari 7 juta kematian tersebut disebabkan karena merokok secara langsung, sedangkan sekitar 1,2 juta di antaranya adalah kematian non-perokok alias perokok pasif.

Terjadinya kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan 7000 zat kimia dalam asap rokok, dengan 250 zat berbahaya dan 69 zat penyebab kanker. Tidak heran, meski hanya terpapar asapnya, perokok pasif bisa mengalami peningkatan risiko penyakit jantung hingga 25-30% dan penyakit stroke 20-30%.

Tidak berhenti di situ, ada juga bahaya perokok pasif lainnya, yaitu peningkatan risiko terjadinya kanker paru sebesar 20-30%.

Risiko ini bisa ada akibat paparan asap rokok berulang yang mengandung ribuan zat racun yang beberapa di antaranya dapat mencetuskan kanker.

Penelitian bahkan mengatakan bahwa terpapar asap rokok sebentar saja dapat merusak sel tubuh, yang menyebabkan proses ‘kanker berjalan’. Semakin lama dan semakin banyak paparan asap rokok, semakin tinggi pula risiko kanker paru-paru yang dimiliki.

Pada ibu hamil, paparan asap rokok pun dapat menyebabkan banyak komplikasi. Misalnya, keguguran, bayi lahir prematur, hingga berat badan lahir bayi yang rendah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...