Ketahui Empat Mitos Seputar Kanker Kulit

Ketahui Empat Mitos Seputar Kanker Kulit
Mengenali kanker kulit. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Apa sih yang Anda ketahui tentang kanker kulit? Mungkin beberapa di antara Anda hanya mengetahui bahwa kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh sinar matahari dan hanya bisa menyerang orang-orang berkulit putih.

Bukan hanya itu saja, ada anggapan atau mitos lainnya dari kanker kulit yang beredar di antara kita. Apa saja sih? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Sheknows, Kamis (18/10).

Mitos No. 1: Semua kanker kulit adalah sama

Sementara sebagian besar dari kita mungkin akrab dengan melanoma, sel basal dan kanker kulit sel skuamosa juga menjadi perhatian dan dalam hal prognosis, kanker ini sangat berbeda.

Rencana perawatan akan bervariasi tergantung pada jenis kanker kulit yang dimiliki seseorang, tetapi kabar baiknya adalah bahwa semua kanker kulit merespon dengan baik terhadap pengobatan ketika tertangkap dini.

Semua bentuk kanker kulit memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dan dengan pengobatan yang efektif, apakah itu bedah, topikal, kemoterapi atau bahkan radiasi.

Mitos No. 2: Orang berkulit gelap tidak berisiko

Terlepas dari nada kulit seseorang, siapa pun bisa mengembangkan kanker kulit. Meskipun mereka yang memiliki pigmen gelap memiliki risiko sedikit lebih kecil daripada individu berkulit terang, siapa pun benar-benar bisa mengembangkan kanker kulit dan harus melindungi diri mereka sendiri ketika di luar rumah.

Mungkin beberapa di antara Anda hanya mengetahui bahwa kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh sinar matahari dan menyerang orang kulit putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News