Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk

Ketahui Penyebab Sering Mimpi Buruk
ilustrasi mimpi

jpnn.com - Banyak orang menganggap bahwa mimpi buruk identik dengan anak-anak. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Orang dewasa juga bisa mengalami mimpi buruk, bahkan sering. Lantas apa penyebabnya?

Dikutip dari WebMD, mimpi buruk pada orang dewasa sering terjadi dengan spontan. Namun, juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Pada beberapa kasus, mimpi buruk kerap terjadi setelah seseorang makan pada larut malam. Hal ini membuat tubuh meningkatkan metabolisme dan memberikan sinyal pada otak agar lebih aktif.

Selain itu, penggunaan obat-obat tertentu juga berkontribusi terhadap frekuensi mimpi buruk. Obat-obatan seperti antidepresan dan narkotika sering dikaitkan dengan mimpi buruk. Obat non-psikologis seperti obat tekanan darah juga bisa mendatangkan mimpi buruk.

Di samping itu, ada pula sejumlah pemicu psikologis yang menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Beberapa penyebabnya yaitu kecemasan dan depresi. Post-traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami mimpi buruk secara berulang kali.

Apa efek mimpi buruk bagi kesehatan?

Orang-orang yang sering mengalami mimpi buruk biasanya memiliki perasaan cemas yang berlebih. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan efek psikologis yang merugikan.

Mimpi buruk pada orang dewasa sering terjadi dengan spontan. Namun, juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News