Rabu, 21 November 2018 – 08:53 WIB

Ketahuilah, Kebanyakan Daging Mengandung Bakteri Berbahaya

Jumat, 14 September 2018 – 19:31 WIB
Ketahuilah, Kebanyakan Daging Mengandung Bakteri Berbahaya - JPNN.COM

jpnn.com - Ketika Anda membeli daging di supermarket, Anda biasanya berasumsi bahwa daging yang Anda beli itu aman. Namun, laporan baru dari Kelompok Kerja Lingkungan telah menemukan bahwa tidak mungkin demikian.

Untuk laporan tersebut, organisasi menganalisis data terbaru dari para ilmuwan federal pada daging supermarket dan menemukan bakteri resisten antibiotik (alias "superbug") di hampir 80 persen dari daging tersebut.

Bakteri itu resisten terhadap setidaknya satu dari 14 antibiotik yang diuji oleh Sistem Pengawasan Perlawanan Antimikroba Nasional, sebuah organisasi kesehatan publik federal.

Peneliti secara khusus menemukan bakteri yang resistan terhadap obat pada 79 persen dari kalkun, 62 persen daging sapi dan 36 persen dari dada ayam, sayap dan paha.

"Anda harus sangat memperhatikan hal ini,” kata ahli gizi untuk Kelompok Kerja dan penulis laporan, Dawn Undurraga, seperti dilansir laman Yahoo Lifestyle.

Organisasi Kesehatan Dunia menyebut ini sebagai ancaman serius bagi kesehatan masyarakat. Hal ini kedengarannya buruk dan itu menurut ahli penyakit menular Amesh A. Adalja, MD, seorang sarjana senior di Pusat Kesehatan Universitas Johns Hopkins.

"Ini adalah sesuatu yang diketahui oleh sebagian besar dokter penyakit menular untuk sementara waktu tapi masalahnya semakin memburuk," kata Adalja.

Daging yang belum matang umumnya memiliki beberapa jenis bakteri di atasnya, itulah sebabnya mengapa Anda disarankan untuk memasaknya dengan baik sebelum memakannya dan mengikuti praktik keamanan makanan yang tepat.

SHARES
TAGS   Daging
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar