Cara Aman Konsumsi Daging Kambing untuk Penderita Hipertensi

Cara Aman Konsumsi Daging Kambing untuk Penderita Hipertensi
Penjual daging. Ilustrasi Foto: Cecep Mulyana/dok.JPNN.com

jpnn.com - Penderita hipertensi pantang makan daging kambing karena bisa menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. Begitulah kepercayaan yang banyak beredar di kalangan masyarakat. Karena anggapan tersebut, tak sedikit penderita hipertensi yang memilih untuk menghindari segala macam olahan daging kambing. Apakah Anda salah satunya?

Mulai saat ini, Anda bisa kembali mengonsumsi daging kambing lagi. Mengapa? Ini karena anggapan yang menyebutkan bahwa daging kambing bisa meningkatkan tekanan darah hanyalah bohong semata.

Berbagai studi ilmiah telah membuktikan bahwa daging kambing dan tekanan darah tidak memiliki hubungan apa-apa. Salah satu studi yang membuktikannya adalah sebuah penelitian di India yang dipublikasikan oleh Pubmed Central pada 2014.

Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan antara orang yang jarang makan daging, orang yang sering makan daging kambing, dan orang yang sering makan daging ayam. Hasilnya, keseringan mengonsumsi daging kambing maupun ayam tidak menyebabkan tekanan darah naik.

Namun, meski tak menyebabkan tekanan darah meningkat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi daging kambing sesuka hati. Anda tetap perlu membatasinya, sebab daging kambing mengandung sejumlah kolesterol di dalamnya. Beberapa ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi semua daging merah, termasuk daging kambing, tak lebih dari 90 gram per hari.

Daging kambing untuk penderita hipertensi

Daging kambing memang mengandung kolesterol, namun kadarnya tidak setinggi daging ayam atau daging sapi. Lebih jauh, daging kambing juga mengandung protein yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta zat besi yang diperlukan sebagai bahan pembentuk sel darah merah.

Nah, agar manfaat tersebut benar-benar Anda rasakan, daging kambing harus diolah dengan cara yang benar. Anda harus menghindari memasak daging kambing dengan suhu terlalu tinggi (di atas 250?C), karena dapat merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Ini berarti, daging kambing sebaiknya tidak dibakar, digoreng, atau dipanggang.

Mulai saat ini, Anda bisa kembali mengonsumsi daging kambing lagi tanpa khawatir penyakit kambuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News