Ketahuilah, Obesitas Tingkatkan Peluang Pembekuan Darah pada Paru-paru Pasien Covid-19

Ketahuilah, Obesitas Tingkatkan Peluang Pembekuan Darah pada Paru-paru Pasien Covid-19
Paru-paru. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Obesitas memperburuk pasien COVID-19 dan bisa menyebabkan pembekuan darah di paru-paru.

Para peneliti mengatakan bahwa pasien obesitas dengan COVID-19 mungkin memiliki risiko hampir tiga kali lipat mengalami apa yang dikenal sebagai emboli paru.

“Dokter bisa menggunakan temuan kami ini untuk membantu dalam menentukan pasien mana yang harus memiliki evaluasi untuk emboli paru dengan angiografi CT paru, karena gejala COVID-19 dan embolisme paru ini tumpang tindih," kata ketua tim peneliti, Dr. Neo Poyiadi, dari departemen radiologi diagnostik di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit, seperti dilansir laman WebMD, Senin (1/6).

"Deteksi dini emboli paru bisa memungkinkan perawatan dengan antikoagulasi dan meminimalkan masalah klinis," jelas Poyiadi.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi statin untuk menurunkan kolesterol sebelum terkena COVID-19 lebih kecil kemungkinannya mengalami emboli paru.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah statin memiliki efek perlindungan terhadap emboli paru pada pasien COVID-19," tambah Poyiadi.

Poyiadi menambahkan, penelitian terbaru ini menunjukkan bahwa pasien COVID-19 harus diberi pengencer darah untuk mencegah pembekuan.

Obesitas bisa memperburuk COVID-19 karena dikaitkan dengan peningkatan peradangan. Peradangan juga bisa meningkatkan risiko pembekuan.

Obesitas memperburuk pasien COVID-19 dan bisa menyebabkan pembekuan darah di paru-paru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News