Ketahuilah, Tempe Mengandung Protein Lebih Banyak Dibanding Daging

Ketahuilah, Tempe Mengandung Protein Lebih Banyak Dibanding Daging
Penjual tempe. Foto: Ilustrasi dok JPG/JPNN

jpnn.com, MALANG - Tempe merupakan makanan yang mengandung protein lebih banyak dibanding daging. Bahkan, kandungan kalsiumnya sepuluh kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan daging.

Hal itu disampaikan President Vegan Society of Indonesia (VSI) Dr Drs Susianto MKM. ”Sayangnya, banyak masyarakat yang meremehkan tempe. Bahkan, tempe masih dianggap makanan orang tidak mampu,” ujar Susianto seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Susianto menambahkan, ratusan penelitian telah membuktikan bahwa tempe merupakan salah satu pangan bergizi dan bagian dari diet sehat. Tempe dapat digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan gizi.

Tempe juga terbukti dapat mencegah dan mengatasi diare, serta dapat mengobati penyakit seperti hiperkolesterol dan hiperglikimia.

Di Jepang, tempe dijual di mal. Termasuk produk high class yang dikemas sangat mewah. Di Inggris, 1 kilogram tempe dibanderol 10 Poundsterling (hampir Rp 200 ribu). Itu merupakan tempe produk lokal dan bahan baku dari Inggris. Di Amerika, tempe dijual seharga 10 dolar AS (Rp 100 ribu) per kilogram.

BACA JUGA: 5 Langkah Sederhana Turunkan Berat Badan Menjelang Tidur

Manfaat mengonsumsi tempe dan makanan nabati lain itu akan dipaparkan dalam seminar vegetarian di Universitas Ma Chung pada 10 Maret 2019. Dalam seminar tersebut, panitia juga akan menyediakan berbagai menu ala vegetarian yang bisa disantap sepuasnya hanya dengan membayar kontribusi Rp 50 ribu.

Bagi yang ingin hadir dalam seminar, bisa menghubungi nomor 081320086420 atas nama Budianto. Juga bisa menghubungi 081805174726 (Rudy Irawan), 081331769788 (Eni), dan 082131658929 (Aditya). (c2/dan)

Ada anggapan daging mengandung protein terbesar dibanding asupan lain, padahal yang tertinggi proteinnya adalah tempe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News