Ketegasan Orang Tua Bisa Cegah Anak dari Kegemukan

Ketegasan Orang Tua Bisa Cegah Anak dari Kegemukan
Ketegasan Orang Tua Bisa Cegah Anak dari Kegemukan

jpnn.com - SESEKALI jadi orang tua yang cerewet dan banyak aturan ada baiknya juga. Sebuah studi baru di Australia menemukan anak-anak yang memiliki orang tua tegas dalam menerapkan aturan terhadap rutinitas harian mereka, cenderung punya berat badan yang sehat.

"Anak-anak yang orang tuanya memberikan aturan yang jelas terkait kebiasaan menonton TV, makan malam dan jadwal aktivitas fisik mereka terbukti memiliki indeks massa tubuh  yang lebih rendah daripada yang tidak. Dengan kata lain mereka lebih kurus," kata peneliti Pauline Jansen seperti dilansir laman WebMd, Senin (23/12).

Studi jangka panjang itu melibatkan lebih dari 4.000 anak berikut kedua orang tuanya. Peneliti  mengamati seluruh partisipan anak sejak tahun 2004, atau ketika usia mereka masih 4 hingga 5 tahun.

Sementara itu para orang tua partisipan diminta melaporkan tinggi dan berat badan anak-anaknya. Mereka juga diminta menggambarkan pola asuh sebanyak empat kali setiap dua tahun sekali.

Jansen ternyata menemukan adanya keterkaitan antara pola asuh orang tua yang konsisten dengan berat badan sehat pada anak-anaknya. "Konsistensi pola asuh orang tua yang kami amati tidaklah merujuk pada gaya hidup tertentu, tapi lebih dari itu. Ini menunjukkan sejauh mana orang tua berupaya mengatur dan memastikan anak-anak mereka patuh terhadap aturan yang diberlakukan di rumah. Dan kami melihat ini bermanfaat terhadap BMI (indeks massa tubuh, red) anak," kata Jansen.

Lalu bagaimana pola asuh dapat berpengaruh terhadap berat badan anak? Jansen menduga mereka yang konsisten pada pola asuh semacam ini lebih cenderung memiliki ekspektasi yang jelas agar anak-anaknya berperilaku sehat. Misalnya terkait aturan tentang menonton TV, aktivitas fisik, jam tidur dan pola atau jenis makanan yang dikonsumsi.(fny/jpnn)


SESEKALI jadi orang tua yang cerewet dan banyak aturan ada baiknya juga. Sebuah studi baru di Australia menemukan anak-anak yang memiliki orang tua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News