Ketemu Jokowi di Istana, Bupati Anas Dapat Pesan Seperti Ini

Ketemu Jokowi di Istana, Bupati Anas Dapat Pesan Seperti Ini
Buoati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (depan), Presiden Jokowi dan sejumlah kepala daerah mengelar pertemuan di Istana. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bertemu sejumlah bupati di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan sejumlah hal, mulai pengembangan UMKM perdesaan, dana desa, pelayanan publik, hingga ekonomi negara yang tumbuh stabil.

”Beberapa pesan tersebut ditekankan Presiden Jokowi kepada para bupati,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas yang juga Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini dalam kesempatan tersebut mendampingi Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming.

Anas mengatakan, Jokowi menekankan pentingnya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perdesaan. Hal tersebut telah dilakukan melalui beragam skema, mulai stimulus lewat dana desa, pemberdayaan UMKM, pembangunan infrastruktur perdesaan, hingga peningkatan kinerja pertanian.

”Dana desa dalam empat tahun ini Rp 187 triliun. Pak Jokowi melakukan terobosan dengan mendorong semua pelaksanaan program dana desa itu sumbernya dari desa sendiri, sehingga uang berputar di desa tanpa tersedot ke kota. Itu dengan sendirinya juga menggerakkan UMKM desa karena permintaan barang pasti meningkat,” ujar Anas.

Ketemu Jokowi di Istana, Bupati Anas Dapat Pesan Seperti Ini

Presiden Jokowi, sambung Anas, juga terus menggerakkan UMKM berbasis pertanian dengan mendorong tumbuhnya usaha olahan sektor pertanian. Berbagai kementerian telah mengintervensi program tersebut.

”Bahkan, untuk menyiapkan SDM-nya, Pak Jokowi ingin ada SMK dengan jurusan spesifik berbasis pertanian di desa, misalnya jurusan kopi. Para bupati menilai Pak Jokowi sangat jeli melihat peluang tersebut, karena begitu komoditas pertanian itu disentuh dari hulu ke hilir, penyerapan tenaga kerja pasti sangat banyak,” paparnya.

Bupati Anas dan sejumlah kepala daerah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang terus mendukung inovasi daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News