Ketika Mas Nadiem Bicara soal Bung Karno di Hadapan Bu Mega

Ketika Mas Nadiem Bicara soal Bung Karno di Hadapan Bu Mega
Mendikbud Nadiem Makarim.Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menilai Proklamator RI Bung Karno merupakan penyambung lidah rakyat terbaik yang pernah ada di Indonesia.

Kecerdasan dan pengetahuan Bung Karno berdasarkan pikiran mendalam dari puluhan ribu buku yang dibacanya.

Hal itu disampaikan Nadiem saat menjadi narasumber dalam webinar pembukaan pameran daring Buku Bung Karno, Selasa (24/11).

Dia menilai tak jarang nasib suatu bangsa ditentukan oleh pemikiran merdeka yang diperoleh melalui buku, seperti yang telah dilakukan Bung Karno.

Bung Karno membuktikan bahwa pemikirannya merdeka, bahkan saat Indonesia masih dijajah dan sang proklamator RI itu masih dalam tahanan. 

Nadiem mengatakan Bung Karno tetap membaca buku ketika sedang ditahan oleh Belanda.

Bung Karno sebenarnya sedang membuktikan bahwa di dalam penjara sekalipun, beliau tetap seorang manusia Indonesia merdeka. 

"Saya harap ini bisa menginspirasi anak muda untuk membaca dan mengerti apa arti merdeka. Sejak muda, Bung Karno sudah mengenal pemikiran dunia dan pemikiran bangsanya sendiri dari buku yang dibaca. Akhirnya ini menghasilkan kecerdasan beliau yang membuatnya menjadi penyambung lidah bangsa terbaik yang pernah dipunyai bangsa ini," kata Nadiem.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menilai Proklamator RI Bung Karno merupakan penyambung lidah rakyat terbaik yang pernah ada di Indonesia. Bung Karno meskipun dipenjara, tetap menunjukkan kemerdekaan dirinya dati membaca buku.