Ketua DPD Minta Pemerintah Genjot Produksi Komoditas Lokal

Ketua DPD Minta Pemerintah Genjot Produksi Komoditas Lokal
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan pemerintah harus memprioritaskan program antisipasi dan mitigasi terhadap resesi global.

Menurut LaNyalla, salah satu upaya yang bisa ditempuh pemerintah adalah menggenjot produktivitas komoditi lokal.

"Pemerintah perlu mendorong peningkatan produktivitas komoditi lokal dan menekan angka impor komoditi bahan baku pangan," kata LaNyalla di sela kunjungan kerja ke Jawa Timur, Jumat (25/11).

LaNyalla mengatakan dengan tingginya nilai produksi komoditi pangan dalam negeri, Indonesia akan melewati masa-masa sulit perekonomian.

Pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959 itu berharap keunggulan bonus demografi Indonesia dapat dioptimalkan.

"Indonesia memiliki bonus demografi usia produktif yang tinggi, ini wajib dikelola. Seperti dua sisi mata uang, bisa jadi berkah, bisa juga musibah, bila tidak ada lapangan kerja yang menyerap,” katanya.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, hal tersebut harus dilakukan karena ekonomi dunia masih diperkirakan memasuki resesi.

"Jika tidak diantisipasi, dampak yang bisa ditimbulkan adalah pertumbuhan ekonomi yang akan melambat, inflasi yang tinggi, suku bunga yang tinggi dan akan berlangsung lama, menguatnya mata uang dolar, serta cash is the king," katanya. (*/jpnn)

Ketua DPD LaNyalla Mattalitti berharap keunggulan bonus demografi Indonesia dapat dioptimalkan.


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News