Ketua DPD RI Perjuangkan Hari Kebudayaan dan Mengagendakan Kongres Raja Nusantara

Kunjungi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura

Ketua DPD RI Perjuangkan Hari Kebudayaan dan Mengagendakan Kongres Raja Nusantara
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat melakukan kunjungan kerja ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Kalimantan Timur, Senin (5/4). Foto: Humas DPD.

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan akan memperjuangkan Hari Kebudayaan dan Kearifan Lokal bisa masuk dalam kalender resmi Indonesia.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan bahwa untuk mendukung upaya tersebut DPD telah mengirim surat secara resmi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bagi kami, pelestarian warisan nusantara dan budaya luhur nusantara sangat diperlukan sebagai bagian dari ciri dan karakter bangsa Indonesia. Sekaligus sebagai filter bagi masuknya pengaruh negatif dari konsekuensi globalisasi tanpa batas yang terjadi saat dan di masa mendatang," katannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Kalimantan Timur, Senin (5/4).

Tidak hanya itu, LaNyalla pun mengungkap bahwa DPD RI bekerja sama dengan stakeholder terkait berencana menggelar Kongres Budaya Nasional dengan menghadirkan seluruh raja-raja dan sultan se-nusantara.

"Hal ini kami lakukan agar eksistensi dan keberadaan kerajaan dan kesultanan di Indonesia makin mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan daerah," jelasnya.

LaNyalla berharap dari kegiatan tersebut muncul beberapa rekomendasi demi penguatan Bineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah percaturan global dan era dunia tanpa batas.

Lebih lanjut dalam kunker itu ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur ini juga memuji eksistensi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Saya bangga dengan eksistensi Kesultanan Kutai Kartanegara ini. Karena ini adalah salah satu wujud nyata bahwa bangsa ini adalah bangsa pelestari budaya," tuturnya.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memuji eksistensi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News