Ketua Gerbang Tani Jabar: Tindak Tegas Pelaku Alih Fungsi Lahan

Ketua Gerbang Tani Jabar: Tindak Tegas Pelaku Alih Fungsi Lahan
Ketua Gerbang Tani Jawa Barat Jenal Murtado. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sektor pertanian yang dimiliki Jawa Barat sangat potensial. Bertepatan dengan peringatana Hari Tani Nasional, Ketua Gerbang Tani Jawa Barat Jenal Murtado meminta tidak ada lagi alih fungsi lahan.

“Kami menginginkan pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten tegas menentukan keabsahan tanah sesuai RUTR dan RTRW," ujar Aji sapaan akrab Jenal Murtado, Selasa (24/9/2019).

Dia juga menyampaikan tanah-tanah yang sudah dibangun untuk pembangunan baik zona industri, kawasan industri, hotel, mall, perumahan dan lain-lain diminta untuk transparan dengan tanah penggantinya.

"Bukankah jelas, kalau tanah produktif dibangun itu harus ada tanah penggantinya," ujarnya.

Menurut Aji, kondisi ini yang masih menjadi persoalan besar di Jawa Barat. Bahkan tidak sedikit pengusaha yang terang-terangan melakukan alih fungsi lahan, tetapi tidak ada tindakan dari pemerintah dan penegak hukum.

"Tegakkan aturan. Semua pembangunan yang mempergunakan lahan darat apalagi pertanian harus sesuai dengan aturan,” pungkasnya.(fri/jpnn)

Bertepatan dengan peringatana Hari Tani Nasional, Ketua Gerbang Tani Jawa Barat Jenal Murtado meminta tidak ada lagi alih fungsi lahan.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News