Ketua Komisi X Minta Menteri Wishnutama Segera Siapkan Destinasi Desa Wisata

Ketua Komisi X Minta Menteri Wishnutama Segera Siapkan Destinasi Desa Wisata
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta semua pihak terkait mengantisipasi klaster baru penularan Covid-19 dari momen libur dan cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Huda mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama seharusnya sudah mempersiapkan destinasi wisata dengan baik pada momen libur dan cuti bersama akhir tahun yang direncanakan mulai 21 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 itu.

Selain penerapan protokol kesehatan Covid-19, Kemenparekraf perlu menyiapkan destinasi desa wisata, agar wisatawan tidak hanya berkunjung ke lokasi pariwisata-pariwisata besar yang dapat menyebabkan kerumunan dan risiko terjadinya penularan corona.

"Saya sudah berpesan ke (Menparekraf) Mas Tama supaya semua destinasi wisata menyiapkan diri dengan baik. Destinasi desa wisata terdekat menjadi alternatif supaya tidak ada klaster baru penularan Covid-19," kata Huda kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/11).

Huda memprediksi bahwa hampir pasti pada liburan dan cuti bersama nanti akan terjadi mobilisasi wisatawan domestik ke lokasi-lokasi pariwisata.

Terlebih lagi, kata dia, tingkat kejenuhan masyarakat, terutama anak-anak yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19, cukup tinggi.

Huda menegaskan bahwa memang dalam kenyataannya di beberapa daerah luar Pulau Jawa, ada berbagai kejadian yang menimpa anak-anak terkait PJJ itu.

"Bahkan kami banyak mendapatkan isu terjadinya siswa yang depresi," ungkap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Wishnutama diminta segera menyiapkan destinasi desa wisata, supaya wisatawan tidak hanya berkunjung ke lokasi yang menyebabkan kerumunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News