Ketua KPK: Bagus Kalau Memang Pak Artidjo Alkostar

Ketua KPK: Bagus Kalau Memang Pak Artidjo Alkostar
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo angkat suara terkait bocoran kandidat pengisi Dewan Pengawas atau Dewas KPK yaitu mantan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar.

Menurut Agus, Artidjo cocok menjadi Dewan Pengawas KPK. Agus menilai Artidjo dikenal garang dalam memutus perkara korupsi.

"Baguslah kalau memang Pak Artidjo. Kami kenal sangat baik," kata Agus usai menghadiri kegiatan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Gedung KPK lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/12).

Agus sendiri mengaku bukan pihak yang berwenang dalam menentukan Dewas KPK. Yang terpenting, kata Agus, anggota Dewas KPK harus kredibel dalam memberantas korupsi.

‎"Pokoknya kalau orangnya kredibel, ya, enggak apa-apa, bagus," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menyebutkan sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas alias Dewas KPK. Dia mengungkap di antaranya nama tokoh Taufiequrachman Ruki, mantan Hakim Agung MA Artidjo Alkostar hingga Hakim Albertina Ho yang terkenal karena keberaniannya.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya lima, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu.

Meski begitu, nama-nama tersebut baru sebatas diusulkan oleh timnya. Presiden Jokowi belum bisa menentukan apakah mereka benar-benar terpilih.

Selain nama Artidjo Alkostar, ada lagi nama Taufiequrachman Ruki hingga Albertina Ho.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News