JPNN.com

Ketua KPK yang Baru Itu, Dulunya Tukang Jahit

Minggu, 20 Desember 2015 – 14:39 WIB
Ketua KPK yang Baru Itu, Dulunya Tukang Jahit - JPNN.com
Ketua KPK Agus Rahardjo. FOTO: ricardo/jpnn.com

KETUA KPK Agus Rahardjo adalah putra pasangan Imam Dasuki (almarhum) dan Suminah (almarhumah). Dia itu terlahir dari keluarga sangat sederhana di Magetan, Jawa Timur. Anak kedua di antara dua bersaudara (kakak perempuannya juga telah meninggal) tersebut pernah bekerja sebagai penjahit. Itu dijalaninya ketika tamat SMA. 

Menjahit dilakukan Agus untuk mencari biaya agar bisa melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Dengan kerja kerasnya, Agus akhirnya diterima menjadi mahasiswa ITS. 

Kebersahajaan Agus juga terus dikenang di almamaternya, ITS. Priyo Suprobo, salah seorang adik tingkat Agus, mengatakan bahwa seniornya itu kerap aktif dalam organisasi kampus.  "Dulu beliau aktif di senat mahasiswa dan membaur dengan semua kalangan, tidak ada senioritas," ujar Priyo. 

Saking aktifnya menjadi aktivis, Agus sering menjadi anggota PTIK. "Pencinta tidur di kampus, hehehe," celetuk ketua Senat ITS Surabaya tersebut. 

Agus jarang pulang ke tempat kos demi menyelesaikan urusan organisasi di kampus. "Ditambah dengan tugas kuliah yang banyak. Jadi, sampai malam kami habiskan waktu di kampus," tuturnya. 

Guru besar teknik sipil ITS itu juga tahu, selama menjabat di LKPP, tiap pulang kantor, Agus hanya separo jalan saja naik mobil. "Sisa perjalanan ke rumah dihabiskan dengan jalan kaki. Olahraga katanya," tutur Priyo. 

Agus juga selalu menanamkan motivasi kepada anak buahnya agar jangan pernah berhenti belajar. Saat mengisi pertemuan-pertemuan dengan berbagai pihak, termasuk dari perguruan tinggi, tak lupa dia mengajak anak buahnya turut serta. "Yang saya tahu dia tidak ada jarak dengan siapa pun," ujarnya. (*/c10/ttg) 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
thomas