Ketua KY Tak Pilih Abbas Said

Sebagai Koordinator Pengawas Hakim

Ketua KY Tak Pilih Abbas Said
Ketua KY Tak Pilih Abbas Said
JAKARTA -- Setelah ditetapkan sebagai ketua Komisi Yudisial (KY) pada Kamis (30/12), Eman Suparman bergerak cepat. Guru besar Universitas Padjadjaran (Unpad) tersebut hari ini (3/1) berencana menentukan koordinator bidang untuk lima komisioner.

"Rencananya, besok (hari ini, Red) kami memutuskan bersama para komisioner lain," kata Eman saat dihubungi di Jakarta kemarin (2/1). Sejatinya, pembentukan koordinator tersebut dilaksanakan sehari setelah pemilihan ketua dan wakil ketua KY pada Jumat (31/12). Namun, karena Abbas Said, salah seorang komisioner, absen lantaran sakit, acara mundur hingga hari ini.

Pemilihan koordinator, kata Eman, akan ditentukan secara demokratis oleh tujuh komisioner. Seperti diketahui, KY memiliki lima bidang yang dipimpin seorang koordinator. Yakni, bidang pelayanan masyarakat; bidang penilaian prestasi hakim dan seleksi hakim agung; bidang pengawasan kehormatan, keluhuran, martabat, dan perilaku hakim; bidang hubungan antarlembaga; dan bidang pengembangan sumber daya manusia.

Eman menegaskan bahwa di internal KY, belum ada wacana menjatah beberapa bidang untuk komisioner tertentu. Sebagai orang nomor satu di KY, dia juga tidak mau langsung menunjuk komisioner memimpin bidang-bidang tersebut. "Saya tidak mau otoriter sebagai ketua," katanya.

JAKARTA -- Setelah ditetapkan sebagai ketua Komisi Yudisial (KY) pada Kamis (30/12), Eman Suparman bergerak cepat. Guru besar Universitas Padjadjaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News