Ketua MPR Bambang Soesatyo Tegaskan Butuh Kerja Bersama untuk Membumikan Pancasila

Ketua MPR Bambang Soesatyo Tegaskan Butuh Kerja Bersama untuk Membumikan Pancasila
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat hadir dalam diskusi Hasil Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang Orientasi Publik Terhadap Pancasila dan Isu-Isu Kebangsaan di Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6). Foto: Dokumentasi BPIP

jpnn.com, ENDE - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan perlunya membangun paradigma dan wawasan kebangsaan yang terintegrasi dan holistik untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan.

Karena itu, pria yang akrab disapa Bamsoet menekankan agar segala upaya untuk merawat, melestarikan, dan membumikan nilai-nilai Pancasila harus menjadi kerja kolektif yang melibatkan segenap elemen bangsa.

"Proses internalisasi dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila harus dilakukan secara masif agar menjangkau seluruh elemen masyarakat dan menjadi proses yang berkesinambungan. Jadi, tertanam kuat dan tidak mudah tercerabut oleh hempasan gelombang peradaban, tidak berhenti atau dibatasi oleh periodisasi zaman, apalagi pergantian pemerintahan," kata Bamsoet dalam diskusi Hasil Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang Orientasi Publik Terhadap Pancasila dan Isu-Isu Kebangsaan di Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6).

Ketua MPR Bambang Soesatyo Tegaskan Butuh Kerja Bersama untuk Membumikan Pancasila

Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6). Foto: Dokumentasi BPIP

Ketua DPR ke-20 itu mengungkapkan hasil survei SMRC mengisyaratkan dari tingkat yang paling elementer sekalipun, pengetahuan dasar masyarakat tentang Pancasila masih berada dalam skor 64,6 atau kategori 'sedang'.

Hasil survei juga mengungkap komitmen publik terhadap nilai-nilai Pancasila masuk dalam kategori sedang dengan skor 73,2.

"Pancasila dipercaya memperkuat konsolidasi sistem politik Indonesia. Sayangnya, tingkat konsolidasi sistem politik Indonesia baru berada pada tingkat 'sedang', atau bahkan 'kurang', dengan skor 52,8 hingga 58," beber Bamsoet.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan perlunya kerja sama kolektif atau bersama seluruh elemen masyarakat untuk membumikan Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News