Ketua MPR Dukung Pengadaan Hunian bagi Anggota Polri

Ketua MPR Dukung Pengadaan Hunian bagi Anggota Polri
Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung pengadaan hunian bagi anggota Polri, usai menyaksikan penandatanganan kerja sama PT BTN, PT Sipoa Propertindo, dan INKOPPOL, di Jakarta, Senin (1/2/21). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik kerja sama perusahaan nasional PT Sipoa Propertindo Abadi (manajemen baru), dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (INKOPPOL), didukung Bank Tabungan Negara (BTN).

Menurut Bamsoet, kerja sama itu sebagai bentuk gotong royong penyediaan fasilitas kredit kepemilikan apartemen indent dan ready stock, untuk personel Polri di Surabaya, Jawa Timur. Melalui kerja sama ini, personel Polri bisa mendapatkan akses kemudahan untuk memiliki hunian tempat tinggal.

"Sandang, pangan, papan, merupakan tiga kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang. Termasuk personel Polri dan prajurit TNI yang telah mengabdikan hidupnya untuk negara," kata Bamoset usai menyaksikan penandatanganan kerja sama PT BTN, PT Sipoa Propertindo, dan INKOPPOL, di Jakarta, Senin (1/2).

Bamsoet menjelaskan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan setidaknya masih ada 275 ribu prajurit TNI, dan 360 ribu personel Polri yang belum memiliki rumah layak.

"Karenanya, kerja sama swasta, BUMN, dan koperasi dalam menyediakan hunian tempat tinggal untuk personel Polri dan prajurit TNI harus digalakkan," kata Bamsoet

Ketua ke-20 DPR RI memaparkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019 memperlihatkan 80 persen jumlah keluarga di Indonesia sudah memiliki hunian tempat tinggal.

Sementara sisanya 20 persen, masih tinggal dengan cara menyewa, menumpang di kerabat, hingga hidup nomaden.

"Menandakan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh kita semua. Mulai dari pemerintah, bank sebagai penyedia kredit, hingga perusahaan properti, untuk bergotong royong menyiapkan hunian tempat tinggal yang layak dan kemudahan akses bagi warga untuk mendapatkannya," papar Bamsoet.

Menurut Bamsoet, berdasar data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan setidaknya masih ada 275 ribu prajurit TNI, dan 360 ribu personel Polri yang belum memiliki rumah layak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News