Ketua MPR RI: Ekonomi Nasional Tidak Boleh Lumpuh Karena Virus Corona

Ketua MPR RI: Ekonomi Nasional Tidak Boleh Lumpuh Karena Virus Corona
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendorong pemerintah terus menciptakan langkah atau kebijakan stimulus ekonomi guna merespons kecemasan terhadap wabah virus corona atau Covid-19.

Ia menegaskan stimulus ekonomi sangat diperlukan agar kerusakan yang terjadi saat ini tidak makin parah. “Takut dan cemas karena meluasnya penyebaran wabah Covid-19 jangan sampai menyebabkan lumpuhnya perekonomian nasional. Rasa cemas dan kehati-hatian jangan sampai menghentikan atau mengurangi keseluruhan aktivitas masyarakat dalam skala ekstrem,” kata Bamsoet, Senin (9/3).

Bamsoet mengatakan, kehidupan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya agar kerusakan akibat penyebaran wabah Covid-19 tidak makin parah. “Pemerintah pun hendaknya tetap mengupayakan kebijakan dan langkah-langkah stimulus guna mereduksi kerusakan di sektor ekonomi dan bisnis,” tuturnya.

Mantan ketua DPR itu mengatakan, hal yang paling penting untuk diwaspadai dan disikapi oleh semua pihak adalah fakta bahwa wabah Covid-19 sudah menimbulkan kerusakan cukup serius bagi perekonomian, termasuk ekonomi nasional.

Menurut Bamsoet, gambaran tentang kerusakan itu sudah menjadi pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir. Dia menjelaskan lalu lintas ekspor impor menurun karena melemahnya permintaan. Hal itu berarti kegiatan produksi di sejumlah negara, termasuk Indonesia juga menurun.

Banyak investor sudah menarik dananya dari pasar modal untuk ditempatkan pada instrumen investasi yang aman. Sektor penerbangan dan pariwisata bahkan sudah menghitung rugi. Kalau proses kerusakan ini tidak direduksi, perekonomian global bisa terseret ke dalam resesi.

Apalagi, durasi cemas dan kehatian-hatian akibat wabah Covid-19 belum bisa dihitung. “Menunggu sambil membiarkan terjadinya eskalasi kerusakan adalah salah. Semua orang tentu tidak mengharapkan terjadi resesi ekonomi akibat wabah Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam posisinya sebagai regulator, pemerintahan di semua negara diharapkan berbuat maksimal untuk mencegah potensi resesi. Harus ada keberanian menawarkan dan menerapkan kebijakan serta langkah-langkah stimulus untuk memperkecil skala kerusakan di sektor ekonomi dan bisnis.

Ketua MPR RI mengatakan, lalu lintas ekspor impor menurun karena melemahnya permintaan dalam beberapa pekan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News