Ketua MPR Sebut Pancasila Fest Terobosan dalam Penanaman Ideologi

Ketua MPR Sebut Pancasila Fest Terobosan dalam Penanaman Ideologi
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (lima kanan) menerima Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mendukung Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menyelenggarakan Pancasila Fest 2023: Ekspresi Pancasila, Satu Indonesia.

Bamsoet, sapaan karib Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu menjelaskan bahwa Pancasila Fest 2023 merupakan terobosan dalam menanamkan ideologi Pancasila kepada generasi muda Tanah Air melalui berbagai bentuk kegiatan yang menarik.

"Selain seminar dan workshop tematis Pancasila, akan ada penanaman pohon dan mewujudkan bank sampah, pergelaran seni dan budaya, mimbar kebangsaan dan deklarasi kebangsaan 'Ekspresi Pancasila, Satu Indonesia', dialog dan doa bersama pemuda dan mahasiswa lintas agama, serta pembubuhan prasasti Pancasila," rinci Bambang.

Penyelenggaraan Pancasila Fest 2023 dimulai di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10 Mei 2023. Lalu, berlanjut ke Riau, Sulawesi Selatan, Papua, Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Sumatera Selatan, hingga puncaknya akan digelar di Gedung MPR RI pada Agustus mendatang.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan bahwa penanaman ideologi Pancasila merupakan hal yang penting.

Pasalnya, kebhinekaan dalam negara yang kaya akan keberagaman, hanya bisa diwujudkan dengan komitmen untuk mengelola kemajemukan dengan baik dan benar.

"Melalui GMKI, generasi muda bangsa jangan mudah terprovokasi oleh isu apapun dan terus menjaga nilai-nilai Pancasila," tutup Ketua MPR RI.

Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom menyebut Pancasila Fest sebagai langkah mewujudkan generasi muda yang berideologi pancasila, berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) berencana menyelenggarakan Pancasila Fest 2023: Ekspresi Pancasila, Satu Indonesia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News