Ketua Satgas Covid-19 Dapat Arahan Penting dari Pak Luhut

Ketua Satgas Covid-19 Dapat Arahan Penting dari Pak Luhut
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mendapat arahan dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Doni menemui Luhut untuk memberikan perkembangan terkait pemeriksaan spesimen Covid-19, Jumat (30/10) pagi tadi.

Menurut Doni, Menko Luhut juga memberikan arahan penting kepadanya untuk tidak hanya memerhatikan soal jumlah pemeriksaan spesimen, melainkan juga harus tepat sasaran.

"Bapak Menko mengingatkan supaya bukan hanya jumlah saja yang banyak, tetapi tepat sasaran," Doni menyampaikan hal itu dalam Seminar Nasional XVII Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety secara virtual, Jumat (30/10).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu menambahkan, dia juga melaporkan agar pemerintah bisa meningkatkan kemampuan tes, tracing, maupun kesejahteraan petugas laboratorium.

"Ke depan perlu dipikirkan dan pertimbangkan untuk memberikan insentif pada petugas laboratorium," jelas Doni.

Dia menambahkan rekor tertinggi terjadi pada pekan kedua dan ketiga Oktober 2020 yang rata-rata bisa memeriksa spesimen di atas 45 per hari.

Posisi tingkat pemeriksaan spesimen pun cukup bagus yakni di angka 82,51 persen dari standar World Health Organization (WHO) yang harus memeriksa 270 ribu per minggu.

Doni Monardo melapor ke Luhut soal perkembangan pemeriksaan spesimen Covid-19. Arahan Luhut jangan soal jumlah, tetapi harus tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News